Cara Mengatasi Kamera HP Realme Gagal Dibuka Semua Tipe

Solusi Cara Mengatasi Kamera Gagal Semua HP Realme –Memperbaiki kamera depan dan belakang pada suatu Smartphone dapat dikatakan setengah gampang sisanya susah. Kami akan mengatakan mudah sebab Anda hanya harus memeriksa sejumlah bagian penting dalam ponsel seperti cek kapasitas memori internal tersisa yang merupakan tempat menyimpan foto serta video hasil jepretan atau rekaman HP. Selain itu dapat juga menghapus cache alias sampah pada aplikasi Camera bawaan, mengecek kembali kartu memori MicroSD Card apakah sudah pas pada tempatnya, melakukan pergantian memori eksternal, memperbarui sistem Android OS (Update / Downgrade) hingga paling ekstrem yakni membongkar bodi belakang ponsel Realme.

Mayoritas penyebab kamera Realme gagal terbuka adalah hal sepele misalnya adanya bug, Internal Storage sudah penuh, jika Anda memilih pakai Micro SD Card external sebagai media penyimpanan default mungkin belum terpasang rapi /rapat, bahkan error berat pada kerusakan kamera HP mau pun faktor lainnya.

Kamera HP Realme Gagal Dibuka Tidak Bisa

Nah, bagi Anda yang pernah atau sedang mengalami masalah kamera pada Smartphone Realme semua tipe khususnya kasus "Kamera Gagal / Failed Camera" ketika ingin dipakai, ShukanBunshun.com coba berikan solusi sebagai berikut.

Cara Memperbaiki Kamera Gagal HP Realme

Di bawah ini merupakan beberapa metode penyelesaian masalah pada kamera Realme Series (Realme C1 / Realme U1 / Realme 2 Pro series / Realme 3 Pro series / A1) dengan urutan yang paling gampang terlebih dahulu hingga tersulit.

1. Menghapus Cache Kamera

Hapus Cache merupakan hal wajib dilakukan setiap pengguna Android. Smartphone berbasis robot hijau sangat mudah dipenuhi berkas sampah hasil pemakaian reguler penggunanya seperti riwayat browsing, chatting, thumbnail gambar medsos Instagram Twitter Facebook Snapchat.
  • Dari Homescreen buka menu Settings / Pengaturan. 
  • Pilih Aplikasi Penyimpanan, cari App Kamera bawaan HP Realme. 
  • Tap tombol Force Close / Paksa Berhenti. 
  • Pada Storage / Penyimpanan pilih Hapus Data / Clear Datta
  • Sekarang kembali ke halaman utama, lalu buka lagi aplikasi Kamera Realme yang bermasalah dan gagal dibuka tadi. 
Menghapus data seperti pada langkah di atas tidak akan menghilangkan foto atau video dalam galeri. Kalau masih belum ampuh juga saatnya gunakan cara kedua.

Ruang Penyimpanan

Maksudnya di sini adalah Internal Storage alias kapasitas penyimpanan Smartphone. Kami menyarankan Anda menyisakan ruang sekitar 10% dari total kapasitas, misalnya spek ROM 16GB dikalikan sepuluh persen maka 1,6GB sisanya.

Mengapa demikian? Walau tidak adanya notifikasi peringatan penuh, tapi memori internal disarankan cukup lega sebagai media penyimpanan berbagai file pada Smartphone Realme seperti foto, video, dokumen, aplikasi, game, dll.

Baca juga: Menyembunyikan Foto dan Video di HP Realme.

Jadi usahakan kosongkan sedikit seperti rekomendasi kami. Begitu juga kalau Anda memanfaatkan memori eksternal sebagai media penyimpanan default maka lakukan hal serupa yakni bersih-bersih file lalu hapuslah yang tak terpakai.

Factory Reset Realme

Apabila seluruh solusi tidak memperbaiki keadaan maka lakukan cara pamungkas yakni merest ulang setelan handphone Anda ke awal lagi. Factory Reset alias reset pabrik akan mengembalikan posisi HP seperti saat baru membelinya.

Simak pula: Daftar HP Realme dengan Kamera Bagus.

Kekurangan dari cara ini seluruh data akan terhapus. Termasuk aplikasi yang telah diinstall, tapi tenang Anda dapat mencadangkan atau backup data ke Memori Card yang berukuran besar (saran: 64GB / 128GB) jika tidak ingin file pentingnya terhapus. Lakukan metode ini dengan memahami konsekuensinya.

Memang untuk solusi tertentu dalam Cara Mengatasi Kamera Semua HP Realme Gagal Dibuka jika tidak berhasil terpaksa harus Factory Reset demi kembalikan kondisi ponsel ke normal lagi (tidak rusak).