Solusi Masalah Realme 3 Pro Baterai Cepat Panas Boros

Mengatasi Realme 3 Pro Baterai Boros dan Cepat Panas – Kedatangan lagi ponsel baru dari Sub-brand Oppo, Realme 3 Pro sebagai penerus Realme 2 Pro series yang memang bisa dibilang sukses menarik perhatian masyarakat tanah air saat penjualan perdananya. Mereka menargetkan segmentasi kalangan muda milenial khususnya pengguna yang kini masih nyaman pakai Xiaomi Redmi.

Namun kehadiran Realme 3 Pro tidak berjalan semulus pendahulunya. Karena beberapa masalah seperti Baterai Cepat Panas dan Boros habisnya, lalu masalah layar sentuh alias Touchscreen bergerak sendirinya tanpa disentuh beserta perangkat adaptor rusak bikin tidak bisa charging kalau mau ngecharge kudu pakai casan HP lain.

Mengatasi Baterai Realme 3 Pro Boros Cepat Panas

Kita kesampingkan permasalahan pada layar, serta fokuskan ke sektor baterai yang memang jadi salah satu nilai jual utama Smartphone Realme 3 Pro karena spesifikasi khususnya kapasitas batre jumbo diandalkan.

Baterai Realme 3 Pro berkapasitas 4230 mAh. Secara logika memang harusnya bertahan lebih lama dibanding Oppo F11 Pro atau Xiaomi Redmi Note 7 Pro yang mengusung baterai 3800 mAh. ShukanBunshun.com kali ini bakal membahas lebih dalam mengenai hal tersebut.

Penyebab Baterai Realme 3 Pro Cepat Panas dan Boros

Kenapa Realme 3 Pro Cepat Panas? Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan baterai Smartphone cepat panas. Tentu saja, jumlah kapasitas tidak bisa dijadikan acuan satu-satunya sebab faktor lain dapat mempengaruhi kinerja batre seperti:

Chipset dan Prosesor - Chip pada Smartphone dibuat dengan sistem fabrikasi berbeda. Semakin kecil ukuran nanometer maka dapat membantu soal efisiensi daya tahan baterai Realme 3 Pro.

Misalnya, MediaTek Helio P10 yang dapat dibilang lebih 'mahal' dibanding Qualcomm Snapdragon 625. Tapi karena SD625 sudah menerapkan fabrikasi 14nm (nano meter) maka jangan heran kalau HP yang pakai Snap 625 lebih hemat walau kapasitas kedua ponsel sama persis.

Ada penyebab lain yang mungkin tidak disadari seperti pemakaian masing-masing pengguna berbeda. Misalnya HP Realme 3 Pro baterai cepat panas dan boros karena kamu main game non-stop, sedangkan HP Vivo V15 Pro kapasitas cuma 3000 mAh tapi hanya digunakan sesekali buat Chatting, Browsing dan Streaming maka konsumsi daya baterai cenderung berbeda si ZenFone lebih hemat, irit daya serta awet.

Mengatasi Baterai Realme 3 Pro Cepat Panas dan Habis

Kalau solusi untuk baterai Realme 3 Pro boros serta gampang habis cobalah untuk mengurangi aplikasi yang berjalan otomatis pada layar belakang. Jangan gunakan aplikasi penghemat batre karena itu sia-sia, cuma menambah kinerja HP jadi berat dan memakan ruang internal storage.

Sedangkan memperbaiki HP Realme 3 Pro yang cepat panas sebaiknya kurangi pemakaian ponsel selama proses charging berlangsung. Ngecas kalau sambil dimainkan itu percuma, hanya menambah berat kerja ponsel yang harusnya mengisi jadi tarik-ulur lama-lama overheat (panas berlebih).

Jangan sepelekan permasalahan baterai pada Smartphone. Dampak negatifnya akan terpengaruh ke komponen lain pada HP tersebut seperti restart otomatis / reboot sendiri, layar sentuh tak berfungsi, kamera gagal dibuka, sejumlah aplikasi bawaan error termasuk LED Notifikasi tidak menyala.

Tips sederhana menjaga baterai Realme 3 Pro irit / awet dan tahan lama kuat sampai 9 jam Screen-On-Time (SoT) rutin melakukan kalibrasi, merawat batre dengan menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang kalau nggak dipakai, nonaktifkan GPS & Bluetooth gunakan seperlunya saja, menghindari game berat di background.

Memang salah satu kelemahan atau kekurangan HP Realme 3 Pro baterai cepat panas serta boros namun dengan solusi yang dibeberkan tadi dapat mengatasi masalah batre ponsel harga dua jutaan rupiah ini.