Cara Mengaktifkan NFC HP Samsung Galaxy M20, Apakah Support?

Samsung Galaxy M20 meluncur di Indonesia secara resmi serta disambut baik masyarakat. Terbukti dengan habisnya stok dalam sistem penjualan Flash Sale secara daring melalui situs belanja online seperti Lazada dan Blibli, ada satu fitur yang menarik yaitu NFC.

Pengguna dapat mengaktifkan NFC di ponsel Samsung Galaxy M20 tanpa harus melakukan aktivitas rooting Smartphone. Sebab, HP berbasis Android Pie tersebut sudah mendukung sensornya setelah pembaruan piranti lunak terbaru yang diberikan vendor.

Samsung Galaxy M20 NFC Mengaktifkan Apakah Support

NFC itu singkatan, kepanjangannya adalah Near Field Communication. Di negara maju, sensor NFC sangat penting sebagai salah satu alat melakukan transaksi yang melibatkan uang elektronik. Misalnya membayar tiket transportasi umum (Bus / Kereta), membeli produk makanan dan minuman, mengisi ulang saldo, dan lain sebagainya.

Pernah suatu ketika perilisan Mi 8 Lite tahun 2018 silam CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan, Indonesia belum butuh sensor NFC itulah kenapa Smartphone yang dirilis di tanah air kebanyakan tidak mendukung sensor NFC. Selain karena bakal jarang dipakai, jaringan ritel atau perusahaan yang menerapkan metode pembayaran pakai NFC juga masih minim tersedia.

Baca juga: Mengaktifkan LED Notifikasi Galaxy M20 dan Mengganti Warnanya.

Namun dunia seolah berkembang pesat, 3 bulan berlalu serasa 30 tahun. Kini orang Indonesia akan butuh sensor NFC, mengingat semakin banyaknya infrastruktur publik yang sudah mendukung sistem bayar menggunakan NFC.

Naik KRL, MRT, LRT, Railink, nanti bisa pakai NFC buat beli tiketnya. Begitu juga membeli barang di toko ada yang sudah menerima LinkAja (T-Cash), Go-Pay, OVO, Doku, XL Tunai. Isi ulang uang e-Money, perlu saat bepergian melalui jalan tol.

Lalu apakah Samsung Galaxy M20 sudah Support NFC? Bagaimana cara mengaktifkan sensor NFC pada Galaxy M20? Bisakah jika tanpa root?

Cara Mengaktifkan NFC HP Samsung Galaxy M20 (Support)

Sebenarnya ketika awal perilisan HP Galaxy M20 tidak disokong NFC, seolah kamu terpaksa pakai metode bayar lainnya.

Pengguna Samsung India mengonfirmasi lewat forum GSMArena bahwa NFC pada Galaxy M20 sudah tersedia dengan catatan ponsel harus diperbarui firmwarenya yang belum jelas kapan dirilis ke publik.

Tapi itu buat India, kita masih menantikan apakah Samsung Galaxy M20 ada NFC untuk versi Indonesia meski harus menunggu serta melakukan update software terlebih dahulu kami yakin pengguna bakal senang.

Ada yang mengakui bahwa penggunaan NFC memiliki kekurangan atau kelemahan yakni berdampak pada konsumsi Samsung Galaxy M20 baterai cepat panas dan boros habisnya. Padahal ada banyak faktor lain mempengaruhi daya tahan batre sebuah Smartphone.

Selain Samsung Galaxy M20, nantinya M30, A30, A50 juga mendapatkan jatah update firmware yang di dalamnya termasuk sensor terbaru NFC dengan akurasi maksimal.

Cara Mengaktifkan NFC HP Samsung Galaxy M20 yang sudah dijanjikan Support melalui software memang cukup gampang apalagi versi India, sayangnya buat user di tanah air harus menunggu sampai waktu yang belum ditentukan oleh Samsung.