Cara Mengubah Kualitas Gambar HP Realme dan Kamera Video

Mengganti resolusi video dan kualitas hasil jepretan kamera Smartphone memang kerap dilakukan setiap kali mengambil foto pada objek. Tips edisi kali ini ShukanBunshun.com bakal membeberkan cara mengubah kualitas gambar/foto dan video pada HP Realme berlaku untuk semua tipe seperti Realme C1 / C2 / Realme U1 / U2 / Realme 2 Pro Series / Realme 3 Pro Series / 4 Pro / 5 Pro / A1 India.

Mengubah kualitas gambar hp Realme video resolusi

Settingan atau pengaturan pada aplikasi kamera bawaan HP Realme bakal menentukan apakah hasil foto yang diambil akan sesuai ekspektasi misalnya kaya akan warna, tingkat kecerahan kontras, kepadatan piksel berdasarkan satuan Megapiksel, termasuk bukaan lensa aperture juga amat berpengaruh.

Sementara untuk setelan image and video, biasanya buat kamu yang suka rekam Vlog pasti mengharapkan hasil video stabil, jernih, audio atau suara yang dihasilkan juga tidak mengganggu telinga ketika didengarkan melalui galeri ponsel Realme.

Cara Mengubah Kualitas Gambar HP Realme dan Kamera Video

Oleh karena itu demi hasil maksimal kita wajib mengatur dengan baik settingan kamera Smartphone Realme agar baik video atau foto dihasilkan menjadi lebih memuaskan.

Metode pertama yang kita gunakan disini tanpa harus menginstall aplikasi tambahan, juga tak membedakan nomor seri, karena semua jenis HP Realme dengan basis Color OS versi 5 ke atas sudah bisa ikut praktikan tutorial ini.

Untuk mengetahui versi berapa ColorOS pada ponselmu masuk saja ke menu Setelan dan gulirkan ke paling bawah sampai menemukan opsi About Phone (Tentang Ponsel) cek versi firmware update terbaru. Langsung kita eksekusi panduan berikut.

1. Masuklah ke menu Pengaturan (Settings) pada HP Realme kamu.

2. Setelah berhasil lolos, cek kembali apakah ada menu Aplikasi Sistem (System Apps) pada Penyimpanan (Storage) pasti semuanya ada dong.

3. Cari aplikasi bernama "Kamera" / "Camera". Lalu tap saja.

4. Karena disini kita bakal mengubah kualitas gambar atau foto pilih menu bertuliskan "Kualitas Gambar".

5. Kemudian akan tampil tiga opsi tambahan seperti 'Rendah, Standar dan Tinggi'. Silakan pilih satu sesuai selera kamu saja.

6. Nah untuk tahap kedua kita mengganti resolusi perekaman video. Sekarang klik menu "Kualitas Video".

7. Nanti bakal muncul tiga pilihan utama yakni 'SD (Low), HD (High Definition), dan FHD (jika ada). Perlu diketahui tidak semua HP Realme support layar Full HD jadi kemungkinan ada yang cuma dapat dua opsi pertama saja.

8. Semua sudah selesai. Tutup aplikasi pengaturan, balik ke Homescreen / halaman depan lalu buka aplikasi Kamera bawaan ponsel lagi sekarang coba tes hasilnya kalau ada yang mau ditanya silakan.

Sebagai informasi tambahan, setiap Smartphone Realme juga punya frame rate berbeda jadi kerapatan piksel (PPi) mempengaruhi hasil gambar ketika dilihat di layar HP. Baca juga: HP Realme Asli Dibuat di Negara Mana Asalnya?

Frame Rate per Second (FPS) merupakan istilah merujuk kepada satuan frame atau bingkai gambar setiap detiknya serta muncul biasanya di pengaturan Video. Semakin besar angka FPS makin bagus, halus dan mulus gerakan videonya tak akan pecah.

Kita juga jangan terpaku pada resolusi Megapiksel. Karena besaran MP saja belum cukup menentukan bagus tidaknya hasil foto dan video, ada banyak faktor lain seperti Pixel Density, Lensa Aperture, Spesifikasi dukungan angka FPS, Electronic / Optical Image Stabilization (OIS & EIS) jenis sensor lensa yang digunakan, dan masih banyak lagi termasuk jika kamu seorang fotografer dan memahami seluk-beluk pengaturan kamera HP lalu memanfaatkannya bisa saja jadi lebih bagus mirip DSLR Canon / Sony.

Kurang lebihnya begitu Cara Mengubah Kualitas Gambar HP Realme dan Kamera Video demi meningkatkan resolusi agar tidak buram / blur supaya jernih.