Cara Update iOS 13 di iPhone 5s 5c 5 Tanpa PC iTunes Gampang

iOS 13 telah resmi meluncur usai beberapa kali tahap pengembangan Beta Developer selama hampir 3 bulan terakhir sejak Apple WWDC 2019 silam, kini pengguna iPhone sudah bisa menikmati sistem firmware terbaru termasuk iPhone 5s 5s 5.


cara update ios 13 iphone 5s 5c 5 tanpa pc itunes

Selain meningkatkan performa perangkat, optimalisasi iOS 13 juga berpengaruh besar terhadap daya tahan baterai lebih awet, irit tahan lama berkat efisiensi fabrikasi pada piranti lunak yang digulirkan Apple. 


Namun bukan hanya itu, jika membandingkan dengan iOS 12 tampaknya banyak sekali penambahan fitur terbaru pada iOS 13 salah satu yang paling menarik perhatian publik adalah Dark Mode atau Mode Gelap / Malam sert optimasi Battery Health iPhone.


Ya, jika di Android Smartphone harus dioprek dan kustomisasi terlebih dahulu untuk menikmati tampilan Night Mode kini inovasi dicetus Apple dengan menghadirkan Dark Mode tanpa perlu utak-atik ponsel. 

Cara Update iOS 13 di iPhone 5s 5c 5 Tanpa PC iTunes 

Tahukah Anda Apple seolah lagi ketiban rezeki nomplok, seperti dilansir 9to5Mac mereka mendadak baik buat memberikan update untuk pengguna agar bisa upgrade ke iOS 13 di iPhone 5s, iPhone 5c dan iPhone 5 biasa. 

Lalu bagaimana caranya? Apakah ada trik terselubung? Atau ternyata Apple meminta bayaran untuk itu? Tenang, tidak ada pungutan liar cuma demi upgrade iOS 13 pada iPhone 5s series meski tanpa penambahan software fitur Fast Charging Baterai


Melainkan, syarat dan ketentuan berlaku cuma buat beberapa jenis iPhone 5s 5c dari sejumlah negara tertentu dan itu semua telah ditentukan berdasarkan rilisan kode MEID, IMEI hingga Nomor Model. 


Contoh: Misalnya Apple mau kasih pembaruan iOS 13 buat iPhone XS Max yang dirilis untuk negeri Sakura, beruntunglah kamu jika awalnya membeli iPhone 5s 5c Ex Inter Second original Jepang. 


Walau banyak dihindari publik Indonesia karena suara jepretan kamera shutter tidak bisa dinonaktifkan tapi keuntungan sekarang layak kamu dapatkan bila selama ini memiliki iPhone 5s 5c Japan. 


Nah, itu baru contoh satu negara saja sebab menurut situs lansiran MacRumours nantinya Apple akan menggelontorkan update dadakan itu buat iPhone asal 9 negara lagi selain JPN seperti Singapore, China, Inggris (United Kingdom), Amerika Serikat, Brazil, Hong Kong, Korea Selatan, dan Prancis. 


Tapi perlu diingat, update iOS 13 pada iPhone 5s 5c 5 menurut kabar beredar cuma bisa dilakukan melalui sistem OTA (Over-the-Air) tanpa perlu menggunakan iTunes via PC Windows atau pun Mac. 


Sebenarnya, ini sangat menguntungkan bila kamu dapat update OTA iOS 13 secara jarang sekali perangkat non-kompatibel dikasih sistem operasional versi terbaru gratis sehingga bisa menikmati fitur anyar. 


Caranya cukup mengecek dulu agar mengetahui sudah kebagian atau belum dengan masuk ke:  Settings (Pengaturan) - General (Umum) - Pembaruan Perangkat Lunak (Software Updates). Pastikan cadangkan data (Backup Content ke iCloud) sebelum eksekusi serta kondisi baterai di atas 80%


Praktisnya kemudahan teknologi OTA tidak disukai semua orang, banyak pihak menilai keberadaan dia suka mengganggu kadang kalau gagal update justru menyebabkan masalah error pada ponsel layaknya mengulang kembali progres instalasi. 


Selain memakan kuota internet yang belum tentu cukup kalau berhenti di tengah jalan, update iOS via OTA bakal menimbulkan masalah menguras daya tahan baterai iPhone, iPad, iPod Touch jika dilakukan pakai data seluler tanpa Wi-Fi.


Untuk itu rekomendasi kami gunakan jaringan Wifi apabila kamu berniat upgrade iPhone 5s 5c 5 ke iOS 13 tanpa komputer prosesnya tak begitu susah setelah pengecekan tekan tombol "Mulai Install".


Sebagian besar tipe iPhone 6s Plus sudah terjamin diberikan update iOS 13 namun bagaimana dengan user iPhone 6 / 6+ / 6s? Duduk manis, sebab informasi baik akan datang buat kalian nanti meski belum dipastikan tanggal perilisan resmi software baru terinstal.


Sekilas kamu anggap Cara Update iOS 13 di iPhone 5s 5c 5 Tanpa PC iTunes via OTA akan gampang tapi ingat ya tidak akan bisa downgrade lagi ke iOS 12 / 11 setelah satu minggu jalur biasanya ditutup Apple.