Kesehatan Baterai iPhone Servis Kapasitas Maksimum Berkurang

Masalah Kesehatan Baterai iPhone Servis Kapasitas Maksimum Berkurang – Pernah mengalami kesehatan baterai iPhone muncul tulisan Servis (Service) dan kapasitas maksimum berkurang dengan waktu singkat nan cepat. Jika Anda salah satunya, maka artikel ini tepat untuk memahami bagaimana tips menjaga Battery Health iPhone untuk semua jenis dan tipe yang telah mendukung iOS 11.3 ke atas.

Kesehatan Baterai iPhone 11 Pro Max Servis Kapasitas Maksimum_5

Tapi yang mesti diingat adalah tidak ada cara meningkatkan kesehatan baterai di iPhone Anda. Kecuali menggantinya dengan komponen yang baru, original serta berkualitas.

Kapasitas maksimum iPhone berkurang itu hal wajar dan normal seiring berjalannya waktu apalagi jika pemakaian Anda bersifat intensif setiap harinya.

Kebiasaan dalam menggunakan iPhone dapat menentukan apakah kesehatan baterai perangkat Anda mampu bertahan lebih lama daripada perkiraan sebelumnya.

Apabila baterai bermasalah ada ciri-ciri yang bisa Anda temui dalam fitur Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery) > Kesehatan Baterai (Battery Health). Jika ada tulisan Servis (Service) artinya ada masalah kerusakan pada baterai iPhone.

Untuk itulah kami ShukanBunshun.com bakal memberikan tips serta berbagi pengalaman menjaga kesehatan baterai iPhone supaya tidak cepat turun dan berkurang drastis.

Simak: Trik Marketing Apple ala Steve Jobs.

Masalah Kesehatan Baterai iPhone Service Kapasitas Maksium Berkurang

Sebenarnya dengan cara mengisi baterai iPhone yang benar dan pemakaian tidak ceroboh bisa membantu merawat baterai agar tak cepat menurun persentase kapasitas maksimum.

Tapi kebutuhan tiap orang berbeda. Ada yang cuma pakai Wifi dan Mode Pesawat buat internetan sehari-hari seperti Chatting, Streaming Film dan Musik, Browsing, Gaming.

Namun tak jarang ditemukan pengguna yang hampir tiap menit menyalakan GPS Lokasi, mengaktifkan hotspot, dan menggunakan data seluler provider aktif sepanjang hari selama belum lowbatt.

Angka normal kesehatan baterai 80% - 85% biasa saja. Jika di atas 90% - 95% lumayan bagus, tapi apabila sudah turun drastis sampai 70% - 75% waspadalah dan pantau terus penggunaannya.

Masalah Battery Health iPhone Maximum Capacity Berkurang

Sebab di angka 72% hingga 79% biasanya notifikasi "Servis" akan muncul, ini disebabkan siklus pengisian daya telah mencapai ambang batas 500 Cycle sebagaimana Apple sebutkan lewat website resmi.

Baca: Kuis Berhadiah iPhone 11 Pro Max Gratis.

Tips Merawat Kesehatan Baterai iPhone

Sebaliknya, kalau kamu merasa masih belum ada yang janggal meskipun kapasitas maksimum (Maximum Capacity) di bawah 75% ya sudah pakai saja. Pada dasarnya semua kembali ke pengalaman masing-masing pengguna.

Apple cuma menyarankan Anda buat mengganti baterai tatkala pemberitahuan "Servis" telah tampil di fitur Battery Health. Biasanya disertai kapasitas maksimum tidak muncul dan cuma ada tanda minus (-) saja.

Semua berlaku pada iDevices buatan Apple seperti iPhone 6 6s Plus / 7 Plus / 8 Plus / iPhone 11 Pro Max / XS Max / XR / SE / 5s 5c 5 / X / iPad Mini Pro Air / iPod Touch. Battery throttling CPU bisa bikin underclock kinerja performa perangkat.

Tips dari kami agar daya tahan iPhone stabil tanpa harus menambah kapasitas maksimum kesehatan baterai dan mengganti hardware tentu saja harus mengoptimalkan software.

Bagi pemakai fitur baterai iPhone XS Max dan user iPhone 11 Pro Max jika memanfaatkan fitur Fast Charging sebaiknya jangan gunakan ponsel saat sedang isi ulang. Sebenarnya semua perangkat Apple juga tak disarankan buat dimainin sambil dicas.

Mengapa demikian? Teknologi iPhone Quick Charge akan menonaktifkan dirinya otomatis saat Smartphone digunakan selama proses charging, ini demi meminimalisir terjadinya panas berlebih (Overheat) serta mengurangi risiko baterai rusak.

Baca juga: Cara Mendapatkan Apple Card Gratis di Indonesia.

Dalam banyak kasus usai mengganti baterai setelah dilakukan cek Battery Health justru muncul bertuliskan Servis (Service). Cobalah tunggu 3-4 hari dan pakai iPhone sebagaimana biasanya.

Jika setelah kurun waktu tersebut masih tetap Servis ada beberapa kemungkinan terjadi, semisal baterai tidak original dan bukan buatan produsen pihak ketiga pemilik lisensi Made for iPhone (MFI) dari Apple.

Sejumlah poin dalam Masalah Kesehatan Baterai iPhone Servis Kapasitas Maksimum Berkurang beserta tips merawat, menjaga tanpa harus meningkatkan persentase sudah dibeberkan silakan praktikan sendiri.