Menghilangkan Tombol Menu Navigasi Realme 5 Pro Tanpa Root

Cara Menyembunyikan / Menghilangkan Tombol Menu Navigasi Realme 5 Pro – Pada semua tipe ponsel Realme , tombol menu navigasi terletak di bawah layar dan bersifat On-Screen Button yang artinya tidak lagi memanfaatkan dagu Smartphone untuk posisi penempatan tombol. Mayoritas tiga navigasi tersebut terdiri dari tombol Back (Kembali), Home, dan Recent Apps atau aplikasi yang sedang terbuka selama aktivitas pengguna berlangsung.

Cara Menyembunyikan Tombol Navigasi Realme 5 Pro XT Menu

Hal ini terjadi karena semua HP Realme yang kini tersedia di pasaran masih menggunakan ROM berbasis Color OS, sebuah tampilan antarmuka / User Interface (UI) buatan Oppo. Wajar sih. secara Realme merupakan sub-brand mereka. Jadi hampir semua fitur yang ada pun sama persis dengan ponsel Oppo.

Tapi tenang, kamu bisa menghilangkan tombol menu navigasi Realme 5 Pro tanpa harus oprek root software dan sebagainya. Lalu pakai apa? Sekarang sudah jamannya mode gestur, mirip iPhone 11 Pro Max gitu deh. Kalau mau lihat aplikasi yang lagi dibuka tinggal usap ke atas.

Alasan lain kenapa orang ingin sembunyikan tombol menu Realme 5 Pro adalah karena navigasi tersebut kerap menganggu. Stigma seperti "Percuma layar Full View Display tapi masih ada pemandangan tiga tombol di bawah layar." semakin menggema di media sosial tatkala publik melihat bocoran desain HP baru.

Memang separah itu? Sebenarnya tidak juga, ya semua tergantung preferensi tiap pengguna. Tapi karena mayoritas user lebih suka menghilangkan tombol navigasi Realme 5 Pro, menurut mereka supaya lega dan terlihat luas saja tanpa terganggu tombol apapun. Apalagi kalau sedang fokus bermain game, nonton video streaming dan baca artikel e-Book.

Cara Menghilangkan Tombol Menu Navigasi Realme 5 Pro

Tips berikut kami sampaikan berdasarkan pengalaman pribadi, metode sembunyikan tombol menu Realme 5 Pro ini juga berlaku buat tipe lain seperti Realme XT / Realme 3 Pro series / Realme X2 Pro X / Realme 2 Pro series / Seri Realme C1 C2 C3 / Realme 5s / Realme U1 dan bahkan Smartphone Oppo, selama masih pakai ColorOS.

Tahap pertama ambil kopi, snack dan cemilan apa pun sebelum eksekusi. Dari halaman awal alias Homescreen, masuk ke Settings (Pengaturan) biasanya aplikasi dengan ikon berbentuk roda gigi. Scroll sedikit ke bawah dan pilih opsi Tampilan / Display, kemudian tap Bilah Navigasi.

Baca juga: Pengaturan Kamera Realme 5 Pro Memaksimalkan Settingan.

Terdapat beberapa pilihan muncul, salah satu diantaranya adalah Gestur Layar Penuh. Ubah urutan tombolnya berdasarkan preferensi Anda. Apakah tombol Back, Home, dan Recent App akan sejajar atau diubah posisi tata letaknya.

Setelah dirasa sudah selesai, silakan Simpan Setelan / Save Setting. Berhasil cara menyembunyikan tombol menu navigasi Realme 5 Pro, lalu bagaimana buat akses ketiga menu tadi?

Simple, cukup usapkan layar dengan jari Anda sesuai posisi masing-masing tombol sebelum dihilangkan. Contoh: mau balik ke Homescreen, silakan usap jari jempol Anda di bagian tengah bawah ke arah atas sampai membawa Anda kembali ke halaman utama layar HP.

Apabila masih kebingungan, bisa aktifkan Petunjuk Gesture, letaknya masih sama di laman Settings tadi pada bagian bawah. Tutorial singkat akan muncul tentang bagaimana Anda dapat memaksimalkan fiturya usai menghilangkan tombol navigasi Realme 5 Pro.

Ada banyak sekali tips dan trik tersembunyi realme 5 Pro beserta fitur bawaan menarik lainnya yang sangat sayang dilewatkan. Silakan sampaikan pada kolom komentar jika masih ada yang ingin Anda tanyakan mengenai topik kali ini, dijawab kalau ada waktu luang.

Smartphone ini memiliki bentang layar berukuran 6.3 inci resolusi 1080 x 2340 pixel ditambah angka kerapatan densitas pikselnya 409 ppi jenis panel IPS, makanya memaksimalkan layar penuh memang sebaiknya dengan sembunyikan atau Menghilangkan Tombol Menu Navigasi Realme 5 Pro Tanpa Root.