Daftar Isi

Cara Cek Keaslian Layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max

Bagaimana cara cek keaslian layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max. Sejak dihapusnya fitur 3D Touch oleh Apple mulai iPhone 11 dan lebih baru, marak muncul layar iPhone KW atau hasil rekondisi dan refurbished non-resmi. 

Seperti diketahui 3D Touch dulu itu fitur yang sering digunakan oleh pengguna sebagai teknologi yang membantu mengecek sensitivitad layar LCD saat ditekan. Pertama kali diluncurkan pada iPhone 6s/6s plus. 

cara cek keaslian layar iphone 13 pro max mini

Kini sebagai pengganti, Apple menerapkan Haptic Touch atau sentuhan haptik. Ini berbeda dengan Fungsi Haptic System iPhone yang sempat kami bahas beberapa waktu lalu. 

Haptic Touch sudah langsung integrasi dengan iPhone XR saat pertama kali muncul, awalnya rilis di iOS 12 hingga kini masih tersedia. Di bawah iOS 12, Anda tidak akan menemukan fitur Haptic Touch yang berguna cek keaslian layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max. 

Cek Keaslian Layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max

Jika Anda berniat membeli iPhone bekas pakai orang lain (second) ada baiknya memahami ciri-ciri layar iPhone yang pernah diganti dan dibongkar dari rangka bodi. 

Ini terjadi karena tingginya permintaan pasar (Demand) yang membuat Suplai (Supply) iPhone rekondisi pun meningkat. Oleh karenanya sebelum tergiur harga murah & terjangkau, disarankan ketahui dan cek keaslian layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max. 

Menggunakan Multitouch

Multitouch adalah metode dimana layar iPhone tetap responsif ketika lima jari Anda menyentuh layarnya sekaligus dalam satu waktu. 

Secara normal, layar iPhone original dapat bereaksi dengan sentuhan 5 jari. Anda dapat memakai aplikasi Check My Device lalu masuk ke opsi Multi-Touch Test. 

Cek via True Tone

Untuk cara termudah cek keaslian layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max ialah dengan menggunakan fitur bawaan software iOS 15 yakni True Tone. 

Sejak beberapa tahun belakangan, True Tone diandalkan calon pembeli iPhone second untuk mengetahui asli atau tidaknya layar sebuah perangkat iPhone. 

Anda bisa masuk ke Settings (Pengaturan) > pilih Display & Brightness (Tampilan & Kecerahan). Pastikan iPhone tersebut muncul True Tone. Fitur ini hanya tersedia mulai iPhone 8 dan lebih baru, termasuk iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max. 

Cek Keaslian Layar iPhone Lewat 3uTools

Aplikasi PC berbama 3uTools kini sering dipakai untuk mengecek apakah iPhone sudah ada yang diganti komponen di dalamnya. Anda hanya memerlukan nomor seri buat verifikasi. 

Kalau iPhone X, 8 Plus, 7 Plus dan ke bawah, skor 3uTools sangat mudah dimanipulasi. Cek: Apakah Skor 3uTools Bisa Diedit?, Karena yang kami bahas adalah iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max maka Anda tak perlu khawatir soal ini. 

Cek Layar iPhone OLED atau Bukan

Seperti diketahui iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max bahkan seniornya seperti iPhone 12 Pro Max series, 11 Pro Max Series, iPhone XS Max Series, iPhone XR, dan X itu sudah banyak yang memakai layar OLED. 

Khusus untuk iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max panel OLED digunakan pada layar. Periksa apakah layar iPhone OLED atau bukan cukup dengan mematikan layar HP Anda, masuk ke ruangan dan matikan lampu atau cahaya lain hingga gelap sepenuhnya. 

Perhatikan pada layar, jika iPhone Anda layarnya berwarna hitam pekat tanpa terlihat sisi bezel atau layar berubah keunguan, berarti iPhone tersebut memakai panel OLED. Baca juga: Mengatasi layar iPhone hijau.

Kesimpulan

Memang cukup banyak hal yang mesti diperhatikan sebelum Anda membeli iPhone bekas/second, salah satunya dengan cek keaslian layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max.