Cara Mengatasi Your Payment Method was Declined di iPhone

Your Payment Method Was Declined / Metode Pembayaran Ditolak – App Store serta iTunes dengan atau tanpa alasan entah kenapa kadang menolak metode pembayaran yang kamu lakukan pakai kartu kredit atau Debit Card pada perangkat iOS seperti iPhone, iPad, iPod Touch, dan MacBook sekalipun. Padahal kamu yakin sebelumnya pernah pakai metode bayar serupa buat beli aplikasi, membayar tagihan langganan fitur premium, beli lagu, atau film.

Admin Shukan Bunshun pernah mendapatkan notifikasi penolakan metode pembayaran ketika ingin beli aplikasi premium. Kurang lebih pemberitahuan berupa Pop-up tersebut bertuliskan:

"Your Payment Method Was Declined. Please click Billing Info and update your payment information. If you cancel you may not be able to buy until this billing issue has been resolved.

Your payment method was declined pembayaran ditolak_6

Dengan notifikasi diatas menegaskan bahwa kita diharuskan memperbarui informasi pembayaran pada akun, kalau tidak diselesaikan masalahnya maka kamu belum bisa beli atau bayar fitur, aplikasi premium, dan lagu-lagu seperti biasa karena metode bayar sudah ditolak tanpa alasan pasti. "Silahkan hubungi dukungan itunes untuk menyelesaikan transaksi ini".

Mengatasi Metode Pembayaran Ditolak Apple iPhone "Your Payment was declined" - iTunes & App Store 

Dalam Pop-up notifikasi klik Lanjutkan / Continue. Selesaikan informasi pembayaran, update kemudian perbarui dan klik simpan / Save.

Celakanya jika kamu tidak berhasil memperbarui info pembayaran, maka ini masalah besar. Apple cuma kasih penjelasan sampai disitu serta belum ada kepastian lebih lanjut jika gagal perbarui Payment Method di App Store mau pun iTunes.

Tapi daripada panik, sebaiknya perhatikan hal-hal kecil berikut yang mungkin kamu abaikan atau tak disadari sebelumnya.

Pemeriksaan Mendasar 

Beberapa hal yang harus kamu pastikan adalah:
  • Kartu kredit atau debit kamu masih dalam masa aktif valid hingga mengetahui kapan kadaluwarsa. 
  • Cek lagi informasi tagihan (Billing Info) dan pastikan semua sudah benar sesuai data asli. 
  • Apakah kartu kredit dan debit card yang bermasalah ini baru digunakan di iOS? Jika iya, hubungi bank penyedia kemudian meminta konfirmasi kalau CC bisa dipakai buat pembayaran online. Beberapa layanan bank di Indonesia memerlukan persyaratan lebih lanjut agar Credit Card kamu bisa dipakai buat transaksi online.
  • Pastikan saldo alias uang tersedia di kartu kredit dan debit. Idealnya atau sudah seharusnya kamu punya sedikit lebih diatas dari nominal harga produk, misal mau beli lagu harganya $0,80 setidaknya saldo tersedia $2 atau 5 dolar. 
  • Pastikan juga kartu kredit tidak melebihi batas limit transaksi yang telah ditetapkan oleh bank. Misalnya transaksi per hari, atau bulanan, kalau melebihi batas tentu saja tidak bisa melanjutkan pembayaran. 
  • Coba melakukan pembayaran dalam dua siklus waktu berbeda misalnya pagi dan malam. Error Payment Method kemungkinan terjadi karena layanan Bank gangguan bahkan maintenance server. 
Satu lagi, lakukan pengecekan apakah Credit Card kamu pakai sistem Virtual Debit semacam layanan dari BTPN Jenius?

Kalau iya, kebetulan saya pernah kejadian dan setelah saya cek saldo tidak ada sehingga pihak Apple tidak bisa melakukan debet untuk pembelian aplikasi atau biaya langganan lain.

Lanjut, apabila masih mengalami error 'Your Payment Method Was Declined', mari kita coba tips yang diberikan salah seorang rekan kita di forum Kaskus. Baca juga Masalah Umum iPhone Xr.

Lakukan Pembayaran Melalui iTunes 

Coba untuk melakukan pembayaran tagihan dari segala pembelian aplikasi, musik / lagu dan film yang sudah kamu beli lewat iTunes di PC Mac atau Windows OS. Jika metode masih ditolak juga, balik lagi ke perangkat iOS kamu.

Hapus dan Tambahkan Ulang Kartu Kredit 

Tahap ini merupakan penghapusan atau menonaktifkan data kartu kredit dan debit di akun iCloud yang kamu gunakan lalu muncul error "Your Payment Method Was Declined".
  1. Buka aplikasi App Store. 
  2. Pada tab Fitur / Feature Tab, gulirkan layar ke bawah dan ketuk Apple ID kamu. 
  3. Pilih "View Apple ID". 
  4. Tap "Payment Information / Informasi Pembayaran" pada bagian "Account / Akun". 
Pastikan juga sebelum melakukan proses ini, kamu sudah memperbarui info tagihan dan tetap gagal. Selanjutnya, pilih "None" pada bagian "Payment Type / Jenis Tipe Pembayaran".

Metode Pembayaran Ditolak iPhone Apple_5

Memilih "None" akan membersihkan segala data tagihan yang sebelumnya ditolak alias Declined. Kemudian keluar dari iCloud termasuk Sign Out akun App Store, tunggu beberapa menit lalu masuk / Sign In kembali.
Tambahkan ulang metode pembayaran serupa seperti informasi tagihan sebelumnya, selanjutnya beli atau bayar aplikasi, lagu, film yang tadinya ingin kamu beli. 
Metode ini telah dicoba dan berhasil setelah beberapa kali mendapatkan notifikasi Metode Pembayaran Ditolak (Your payment method was declined). Sayangnya, tidak semua orang dapat melakukan solusi tersebut khususnya untuk sejumlah iPhone tidak terdapat pilihan "None" pada jenis pembayaran di menu pengaturan.

Apabila kamu jadi salah satu yang mengalami tidak muncul opsi dan tulisan "None", coba melakukan tahap ini lewat iTunes di komputer beberapa orang mencobanya berhasil.

Kurang lebih begitulah Cara Mengatasi Metode Pembayaran Ditolak Apple iPhone / Your payment method was declined di iOS.