Apakah Realme 3 Pro Fast Charging? Berapa Lama Pengisian Baterai?

Dari banyaknya permasalahan umum pada Realme 3 ponsel sejutaan rupiah itu namun yang paling sering ditanyakan adalah soal Fast Charging (Quick Charge/ QC) apakah Smartphone ini sudah memiliki fitur pengisian daya baterai cepat itu?

Menurut situs resmi Realme Mobile dan GSMArena, baik Realme 3 mau pun Realme 3 Pro telah mendukung sistem isi ulang batre cepat alias Fast Charging 10W. Artinya bisa mengisi 49% dalam kurun waktu 30 menitan saja.

Apakah Realme 3 Pro Fast Charging Support

Masalah kemudian muncul, kenapa sebagian besar pengguna tidak dapat merasakan hal tersebut? Apakah Realme 3 sudah support Fast Charging beneran atau cuma sekadar pelengkap spesifikasi saja? Mari ShukanBunshun.com bahas persoalan ini.

Cara Mengaktifkan Fast Charging Realme 3 / 3 Pro

Situs resmi tidak akan bohong, apalagi sekelas GSMArena. Spesifikasi ponsel nggak boleh dibuat-buat atau tak berdasarkan realita yang disematkan pada Smartphone, sebab nanti brand tersebut bisa didenda oleh lembaga yang berwenang serta dapat memperburuk reputasi perusahaan di mata publik.

Lalu bagaimana dalam kasus ini? Realme 3 sudah Fast Charging atau belum? Dan bagaimana cara menggunakan Quick Chargenya?

Jawaban dari semua itu ada pada Adaptor atau biasa kita sebut kepala charger (Batok Casan). Karena pada adaptor chargeran bawaan kotak penjualan Realme 3 hanya tertulis spek 5V / 2A (Lima Volt, Dua Ampere).

Sementara tidak ada tulisan Fast Charging sebagaimana adaptor pada merek ponsel lain yang sudah punya teknologi QC. Solusi awalnya dengan membeli adaptor terbaru yang sudah berstatus Fast Charge.

Kenapa harus beli? Mengapa tidak tunggu update firmware saja? Karena dalam bentuk Software (piranti lunak) sebenarnya Realme 3 sudah memiliki Fast Charging, seperti yang saya sebutkan barusan masalahnya adalah di adaptor yang belum bersertifikasi Quick Charge.

Sebagai informasi tambahan, agar Fast Charging berfungsi sebagaimana mestinya, dari sisi hardware (Adaptor / Casan) dan Software (dalam HP) sudah harus sama-sama mendukung teknologi Quick Charge.

Kasus serupa ini juga dialami oleh pengguna iPhone XS Max. Namun bedanya mereka harus membayar biaya tambahan ke Apple hampir Rp500 ribu cuma untuk sekadar beli kabel Lightning tambahan supaya bisa menikmati Fast Charging.

Berapa lama ngecas Realme 3? Rerata dari posisi 5% hingga penuh 100% (Fully Charged) membutuhkan waktu 2 jam 25 menit, proses pengecasan akan terasa lebih lama ketika masuk angka ke 90% hingga 99%. Maklum kapasitas jumbo 4230 mAh Non-Removable Li-ion.

Oleh karena itu kami sarankan cas ponsel Anda dalam kondisi menyala (Standby) yang baik dan benar namun jangan sambil digunakan. Tidak disarankan mengecas HP Realme 3 dalam keadaan non-aktif sebab dapat mengurangi kinerja Fast Charging (bahkan cenderung tidak berfungsi).

Battery Drain Faster: Pengguna di forum XDA Developers alami baterai bermasalah lebih cepat habis atau boros setelah memakai Fast Charging Realme 3, lebih lambat / lemot performa, tidak se-awet sebelumnya, ini sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali ya.

Kecepatan habisnya baterai Smartphone memang berbeda mengacu pada kebutuhan setiap pengguna. Ada yang pakai main game nonstop, ada pula tipe pengguna cuma sesekali buka aplikasi chatting, browsing, sosmed. Dan keduanya akan mengonsumsi daya baterai berbeda, tentu yang main game tanpa henti lebih Realme 3 cepat panas dan berkurang dibanding penggunaan kasual.

Demikian artikel SB mengenai pembahasan Apakah Realme 3 Pro Fast Charging? Cara Mengaktifkannya? beserta solusi memperbaiki jika tak aktif berfungsi.