Skandal Princess Labay Cess MNL48 Membuatnya Dipecat

HalloHallo Entertainment kemarin sudah mengeluarkan pernyataan yang dinanti para penggemar MNL48, terkait skandal Princess Labay alias Cess beberapa waktu lalu sempat heboh di jagat fandom MNL. Menariknya lagi, bukan cuma satu kasus yang doi alami dan tidak hanya soal pacar.

Princess Labay dianggap melakukan tindakan yang melanggar peraturan grup, tidak berdasarkan kode etik perusahaan, dan lakukan pengkhianatan regulasi kontrak. Video doi bulan lalu viral karena berciuman dengan seorang pria yang ada di foto berikut ini.

Skandal MNL48 Cess Princess Labay Graduate Member Scandal

Skandal Princess Labay Cess MNL48 Membuatnya Dipecat

Cess juga dinilai melakukan pelanggaran "House Regulations". Selain itu Princess Labay secara diam-diam menandatangani kontrak dengan agensi dunia hiburan lain, HHE menilai tindakan semena-mena oleh Cess sebagai pengkhianat.

Baca juga: Skandal Shania dan Shani JKT48 Double Date.

Kasus ini hampir mirip dengan Cindy Gulla yang dipecat karena bergabung dengan perusahaan rumah produksi film kala itu Cigull ditawarkan bermain film. Padahal salah satu poin untuk bergabung dengan JKT48 adalah tidak terikat pada agensi mana pun, sebab mereka dikontrak oleh dentsuXentertainment.

MNL48 juga punya peraturan tegas, bila terjadi skandal yang dianggap melanggar perjanjian maka konsekuensi terberatnya adalah memutus kerjasama (Contract Termination) kepada member yang bersangkutan.

HHE dalam pernyataan di situs resmi mengatakan, "Manajemen HHE telah memutus kontrak Cess dari MNL48 karena pelanggaran. Kami mengumumkan pemecatan Cess (Princess Labay) efektif mulai hari ini akibat tindakan sewenang yang terlalu banyak. HHE selalu tegas dalam memperhatikan semua aturan dan regulasi ke tiap member serta berdiskusi dengan mereka atau perwakilannya selama menandatangani kontrak."

Manajemen melanjutkan adanya perlakuan yang di luar batas wajar dilakukan member, maka mereka terpaksa harus bertindak sesegera mungkin demi menyelesaikan permasalahan tersebut tanpa pengecualian.

Kesimpulannya, Princess Labay melanggar lebih dari satu poin kerjasama kontrak. Skandal pacaran doi mungkin HHE masih bisa mentolerir dengan menurunkan status keanggotaan ke Kenkyuusei, tapi kalau sudah dikhianati membernya sendiri maka wajar Cess dipecat.

Sendy Ariani pun demikian, kala itu dia sudah mengumumkan kelulusannya namun masih menunggu penampilan akhir sebagai perpisahan di teater. Tapi terpaksa dipecat lebih cepat serta dibatalkan Graduation Show miliknya karena sudah tergabung dengan agensi lain sebelum sepenuhnya lulus.

Sementara dalam klarifikasi Skandal Cess, doi meminta maaf telah mengecewakan fans. "Halo semua, saya sudah meninggalkan MNL48. Sejujurnya ini sulit dan menyakitkan tidak bisa bersama kalian lagi, semua orang yang mencintai saya di grup. Tapi saya nggak punya alasan lain, saya gak pernah ekspektasi buat keluar tapi saya harus lakukan itu." tulisnya.

"Gak peduli seberapa sulitnya hal ini, saya harus mengambil keputusan itu demi sesuatu yang lebih baik. Sekarang saya bakal memulai kembali semuanya dari awal serta membuka lembaran hidup baru. Terima kasih kepada semua penggemar, saya apresiasi dari lubuk hati terdalam. Maaf saya tinggalkan kalian dan membuat kecewa, tapi kalian nggak perlu bersedih karena saya selalu disini. Saya mungkin akan merindukan MNL48." lanjut Cess Labay.

"Tapi dalam kehidupan lain saya harus lanjutkan menggapai mimpi saya sebelumnya, selama saya membawa segala sesuatu yang telah dipelajari di MNL48 beserta semua memori dan kenangan di dalamnya. Ingat, saya cinta kalian semua dan sampai jumpa lagi." tutup Cess.

Simak: Skandal Yokoyama Yui AKB48 yang Menggemparkan.

Cess tidak sendirian, di kasus lain namun hari yang sama, member BNK48 Maira Kuyama harus umumkan pengunduran dirinya (Resign) di depan publik serta didampingi General Manager Jobsan. Ia tidak graduate, mundur karena tidak tahan dibully penggemar akibat ulah dirinya sendiri, sempat tersorot kamera sedang pacaran.

Memang skandal begini sering terjadi dan dialami oleh anggota AKB48 dan SNH48 Group. Tahun 2014 sebagaiman lansiran tabloid Shukan Bunshun pernah ada kejadian serupa pada eks personil Morning Musume. Bahkan Siba STAR48 pada 2017 silam tak segan memecat tiga member SNH sekaligus, penyebab utamanya ya mereka ternyata sudah bersekutu merencanakan buat gabung perusahaan rumah produksi tanpa sepengetahuan Siba.

Selanjutnya, HHE Inc merilis statement untuk mempromosikan member Kenkyuusei sekaligus mantan generasi pertama, Guinevere Muse alias Gia pengganti Princess Labay "Cess". Dia gabung ke Team MII, padahal sudah sempat graduate karena gagal masuk ke 48 besar Senbatsu Sousenkyo.